COMING SOON ! FORUM INTELEKTUAL MAHASISWA

Dengan tema “menangkal paham Radikalisme dengan pendalaman NDP HmI” Kegiatan ini akan dilakukan pada hari Jum’at tanggal 29 April 2016 di Aquarium Kampus Taman Sari UNISBA, pada Jam 15.30 – 17.30 WIB. Yang di isi oleh pemateri yang berkompeten di bidangnnya yaitu Rakanda Affan Aliga dan Rakanda Muhammad Mujadidi. Kegiatan ini di selenggarakan oleh Bidang PA HmI Koorkom UNISBA.
Radikalisme memang tidak hadir dalam ruang hampa, banyak indikator penting yang menjadi penyebab danlatar belakang menyeruaknya kekerasan yang mengatasnamakan agama. Bahwa paham radikalisme yang mengatasnamakan agama adalah ketidaktahuan seseorang tentang ajaran agama secara substansial, karena pada hakikatnya ajaran sebuah agama adalah mmembentuk tindak tanduk budi pekerti yang adi luhung, dan kebaikan bagi setiap pemeluknya, sama sekali tidak menyuruh melakukan tindak kekerasan terhadap orang lain. Munculnya radikalisme ditengarai dengan sebuah intrepretasi yang tidak tuntas terhadap teks-teks agama yang dipolitisasi untuk kepentingan kelompok dan golongan sehingga acapkali melahirkan tafsir yang legal untuk melakukan aksi-aksi radikal. 

Pemuda sebagai generasi penerus layaknya menjadi bagian penting dalam usaha-usaha pencegahan paham radikal dan kekerasan atas nama agama. Banyak  cara yang bisa dilakukan oleh para pemuda dalam mengkampanyekan anti kekerasan atas nama agama, antara lain; bersikap terbuka dan legowo akan perbedaan yang menghiasi masyarakat Indonesia, menghindari mono tafsir atas ayat keagamaan,  memahami dan menjalankan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari, karena didalam sila-silanya berakar pada budaya bangsa Indonesia, menghidupkan kembali nilai-nilai lokal (local value) yang santun dan saling menghargai sesama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "COMING SOON ! FORUM INTELEKTUAL MAHASISWA "

Posting Komentar